BLACK

welcome to the BLACK

Minggu, 30 Oktober 2011

e-commerce

1. Keuntungan e commerce untuk consumer/produsen serta permasalahan kendala apa saja yang di hadapai oleh e-commerce ?

Manfaat e-commerce bagi konsumen :

  • Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
  • Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
  • Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
  • Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
  • Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggi.
  • Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
  • Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
  • Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.

manfaat e-commerce produsen :

  • Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
  • e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.

Masalah e-commerce

  1. Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
  2. Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
  3. Keamanan yang dapat di tembus oleh hacker.

2. Menurut anda,factor apa saja yang membuat sebuah situs e-commerce di angggap berhasil?

  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan

3. contoh salah satu bentuk e commerce ?

“Tokobagus”

adalah sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa.

Tokobagus sangat mudah untuk digunakan dan lebih murah dibandingkan surat kabar atau media iklan lain. Sesungguhnya, memasang iklan di Tokobagus adalah benar-benar GRATIS untuk suatu periode yang tak tentu.

Tokobagus juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya pengunjung dari Tokobagus yang akan menemukan iklan anda tetapi juga orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine seperti Google juga akan menemukan iklan-iklan anda.

4. Uraikan bentuk dari e commerce yang telah anda pilih ?

Tokobagus adalah salah satu e-commerce yg telah sukses di Indonesia, orang-orang yg membutuhkan suatu barang tidak lagi susah-susah untuk mencari produk yg di butuhkan, tapi dengan hanya melalui internet semua orang hanya dapat memesan produk dengan hanya duduk manis di depan komputer,

Tokobagus pun sudah mempermudah kita dengan ada nya search engine, jadi kita dapat mencari dengan mengetik sebuah nama barang saja. Dan juga toko bagus sudah mengkategorikan smua barang, jdi kita dapat memilih barang.

Tapi barang2 yang ada di toko bagus itu terkadang adalah barang bekas, jadi kita harus berhati-hati dlu sebelum membayar, pembayarannya pun dapat melalui transfer antar bank, atau pun (COD) bertemu langsung dengan penjual barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut