BLACK

welcome to the BLACK

Selasa, 08 Maret 2011

Jenis-jenis paradigma dalam pemrograman


1. Paradigma ini didasari oleh konsep mesin von newmann ( stored program concept): sekelompok tempat penyimpanan (memori), yang di bedakan menjadi memori instruksi dan memori data: masing-masing dapat di beri nama dan harga. Instruksi akan dieksekusi satu per satu secara sekuensial oleh sebuah pemroses tunggal. Beberapa instruksi menentukan instruksi berikutnya yang akan dieksekusi(percabangan kondisional). Data diperiksa dan dimodifikasi secara sekuensial pula. Program dalam paradigma ini di dasari pada strukturasi informasi di dalam memori dan manipulasi dari informasi yang disimpan tersebut. Kata kunci9 yang sering digunakan dalam pendekatan inio adalah:

Algorima+struktur data= program.

Pemrograman ini sangat tidak manusiawi dan tidak alamiah. Karen harus berpikir dalam batasan mesin (komputer),. Keuntunganya adalah efisiensi eksekusi,karena dekat dengan mesin.

2. Paradigma pemrograman fungsional

Paradigma ini di dasari oleh konsep pemetaan dan fungsi pada matematika. Fungsi dapat berbentuk sebagai fungsi “primitif”, atau komposisi dari fungsi-fungsi lainyang telah terdefinisi.pemrogram mengasumsikan bahwa ada funsi-fungsi dasar yang dapat dilakukan. Penyelesaianmasalah didasari atas aplikasi dari fungsi-fungsitersebut.jadi dasar pemecahan persoalan adalah transformasional. Semua kelakuan program adalah suatu rantai transformasi dari sebuah keadaan awal menuju kesuatu rantai akhir, yang munkin melalui keadaan antara melalui aplikasi fungsi.

Paradigma fungsional tidak lagi mempermasalahkan memorisasi dan struktur data, tidak ada pemilihan antara data dan pemrograman, tidak ada lagi pengertian tentang “variable”. Pemrograman tidak perlu lagi m engetahui bagaimna mesin mengeksekusi atau bagaimna informasi disimpan dalam memori, setiap funsi adalah kotak hitam, yang menjadi perhatianya adalah awal dan akhir. Dengan merakit kotak hitam ini maka akan menghasilkan program yang besar.

3

3. Paradigma pemrograman deklaratif, prediktif atau logic.

Paradigma ini di dasari oleh pendefinisian relasi antar individu yang dinyatakan sebagai predikat. Sebuah program lojik adalah kumpulan aksioma(fakta dan aturan dedukasi).program dieksekusi, pemakai mengajukan pertanyaan (query), dan program akan menjawab apakah pernyataan itu dapat didedukasi dari aturan dan fakta yang ada. Program akan memakai aturan dedukasi dan mencocokan pertanyaan dengan fakta-fakta yang ada untuk menjawab pertanyaan.

4. Paradigm berorientasi objek (object oriented)

Paradigma ini didasari oleh kelas dan objek. Objek adalah instansi dari kelas objek mempunyai atribut( kumpulan sifat), dan mempunyai kelakuan(kumpulan reaksi,metoda). Objek yang satu dapat berorientasi pada objek yang lainya lewat “pesan”, dengan tetap terjaga integritasnya. Kelas mempunyai hirarki, anggota dari sebuah kelas juga mendapatkan turunan atribut dari kelas di atasnya. Paradigma ini menwarkan modularitas, pengunaan kembali, kemudahan modifikasi. Dalam paradigma ini, masih terkandung dari paradigm imperative, karena mengkonstruksi program dari objek adalah kelas tidak berbeda dengan mengkonstruksi program dari strukur data dan algoritma, dengan cara enkapsulasi mejadi kelas. Kedekatan antara paradigma lain dapat dilihat dari bahasa-bahasa bukan berorientasi obyek murni, yaitu bahasa procedural atau funsional yang di tambahi dengan orientasi objek

5. Paradigma konkruen

paradigma ini di dasari oleh kenyataan bahwa dalam keadaan nyata, sebuah system komputer harus menangani beberapa program(task) yang harus dieksekusi bersama dalam sebuah linkungan (baik mono atau multi prosesor). Pada pemrograman konkruen, kita tidak lagi berpikir sekuensial, melainkan harus menangani komunikasi dan sinkornisasi antar task. Pada jaman sekarang, aspek konkruen semakin memegang peranan penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut